Contact Form

Name

Email *

Message *

Aug 12, 2019

10 Hal Penting Yang Ada Di Nias (wajib anda tahu)

Sudah lama sepertinya saya tidak pernah menulis lagi mungkin karena alasan sibuk dan juga karena kehabisan ide.

Nah kali ini saya akan menulis lagi dan membahas tentang Pulau Nias kita tercinta. Kita sebagai orang Nias mungkin tidak tahu apa potensi wisata dan hal yang membuat Pulau nias menjadi itu unik dan menarik dimata pengunjung (wisatawan)

Berikut adalah 10 hal penting yang ada di Nias yang mungkin sebagian belum anda ketahui dan mungkin perlu Anda tahu, simak ulasannya berikut.

1. 1 Pulau Terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 kota

Nias yang dulunya hanya 1 Kabupaten, sekarang telah menjadi 4 Kabupaten
dan 1 kotamadya yaitu:

  • -Kabupaten nias
  • -Kabupaten nias Utara
  • -Kabupaten nias Barat
  • -Kabupaten nias selatan
  • -kota Gunungsitoli

Selengkapnya baca: data tentang pulau nias.

2. 1 Pulau terdapat 1 bandara dan 2 pelabuhan

Kalau dulu orang nias yang ingin keluar masuk pulau nias, hanya bisa melalui jalur laut dari pelabuhan Gunungsitoli ke pelabuhan sibolga.

Kalau sekarang sudah ada pesawat yang mendarat di nias atau bandara binaka tepatnya gunung sitoli (gidö).

Rute pesawat yang ke Nias saat ini bisa dilalui dari bandara kualanamu (MEDAN), bandara silangit (siborong-borong/ Tapanuli Utara),  bandara minangkabau (padang).

Buat Anda yang merasa tiket pesawat mahal, anda bisa melalui jalur laut sebagai alternatif.
Sementara untuk jalur laut sudah ada tambahan alternatif, yang dari medan tidak perlu capek menempuh perjalanan jauh ke sibolga, karena kapal dari singkil (Aceh) juga sudah berlabuh di nias.

Kalau tidak salah 2 kali seminggu ada kapal berangkat ke Nias , dan perjalanan dari medan ke singkil (aceh) hanya membutuhkan waktu sekitar 6 saja.

3. 1 Pulau terdapat banyak bahasa

Meskipun secara administratif pulau nias terbagi terbagi 4 Kabupaten dan 1 kotamadya, namun bahasa di pulau nias terbagi dalam 3 dialek yaitu, bahasa gunung sitoli, bahasa Telukdalam dan bahasa aramö.

Tapi di Kabupaten nias selatan ternyata banyak sekali bahasa yang berbeda satu kampung ke kampung lainnya.

Mereka mempunyai ciri khas bahasa masing-masing yang terkadang sangat berbeda dan tidak di mengerti oleh kampung lain.

4. Peninggalan Megalitik yang terjaga

Letak geografis Nias yang terletak di gugusan pulau dan dikelilingi oleh lautan lautan membuat Nias kaya akan batu batu yang besar.

Sehingga orang Nias pada zaman dahulu mengolah batu-batu itu menjadi menjadi perkakas rumah tangga seperti meja, bangku, alat dapur, patung(osa-osa), bahkan menjadikan nya media atraksi lompat batu yang sekarang menjadi tradisi dan ikon pulau nias.

5. Tradisi lompat batu yang mendunia

Seperti yang kita bahas sebelumnya lompat batu Nias adalah ikon dari pulau Nias itu sendiri namun ternyata tradisi lompat batu Nias berasal dari Kabupaten Nias Selatan.

Lompat Batu Nias menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Nias. Baca Selengkapnya di: makna lompat batu nias

6. Tuan rumah kejuaraan surfing dunia

Pulau Nias sangat diuntungkan dengan letak posisi geografisnya yang dikelilingi oleh lautan bebas Itulah sebabnya pantai lagundi dan sorake sering menjadi tempat pelaksanaan ajang kejuaraan surfing dunia

Kejuaraan surfing di nias biasanya diadakan pada bulan juni atau juli, atau disaat ombak lagi besar-besarnya.

7. Mayoritas penduduk beragama Kristen

Dari data yang saya baca dari Wikipedia ternyata suku Nias 80% adalah beragama Kristen Protestan dan selebihnya adalah Kristen Katolik Budha dan Islam.

8. Ciri ciri wajah yang menarik

Orang Nias yang merupakan ras Austronesia memang memiliki perbedaan yang cukup identik dengan suku lain yang ada di Indonesia.

Dimana orang nias memiliki wajah yang ganteng (laki-laki), dan cantik (perempuan). Semua orang nias pasti setuju dengan hal ini.

9. Memiliki marga

Sama seperti orang Batak, orang Nias juga memiliki marga yang tertera di belakang namanya.
Sistem marga nias mengikuti garis keturunan ayah (patrilineal), marga yang mereka miliki adalah warisan dari leluhur mereka sebelumnya dan terus diwariskan kepada anak  cucu generasi selanjutnya.

Itulah sebabnya orang Nias sudah terlihat dari identitas marganya. Selengkapnya bisa anda baca di asal-usul Marga Nias dan 120 marga yang ada di Nias

10. Kesan tradisional masih sangat kental

Dalam hal tradisi budaya dan hubungan sosial, suku Nias masih memegang teguh apa yang telah diwariskan leluhur pada mereka, tidak heran kalau ciri Pemukiman, sawah, ladang dan cara berburu di nias yang sangatlah unik dan kesan tradisional masih sangat kental.

Demikian juga dalam cara bercocok tanam, beternak, dan juga segala acara adat, semua masih dilaksanakan seperti dahulu walaupun ada poin yang mungkin kurangi atau dihilangkan.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.