Contact Form

Name

Email *

Message *

Jan 3, 2019

Oleh Oleh Khas Nias Yang Wajib Anda Bawa Pulang Ketika Berlibur Ke Nias

Setelah Puas menikmati semua objek wisata dan keindahan alam dan budaya pulau nias, Tidak lengkap rasanya kalau anda pulang dengan tangan hampa dan tidak membawa pulang oleh oleh atau buah yang khas dari pulau nias.

Dengan membawa pulang oleh-oleh dan souvenir dari tempat anda berlibur hal itu tentu saja akan menjadi bukti dan bahan cerita yang bisa anda bagikan kepada teman dan keluarga yang anda sayangi.

Mungkin sebagian besar orang tidak tahu, apa aja sih oleh-oleh dan souvenir khas pulau nias, Mulai dari Nias Utara, Nias Selatan dan Juga Nias Barat, emangnya ada? Nah oleh karena itu disini saya akan memberikan informasi nama-nama oleh-oleh khas nias dan Beserta nama tempatnya.

1. Dodol Durian Khas Nias

Dodol Durian Oleh Oleh Khas Nias
Selain di Perbaungan dan juga Garut(bandung) ternyata Dodol ada juga di pulau nias.Yang paling khas dan banyak jual di nias adalah dodol durian. Dodol durian khas nias bisa menjadi pilihan utama untuk dijadikan oleh-oleh.

Untuk membelinya pun anda tidak perlu repot-repot karena di bandara Binaka ada banyak penjual dodol durian khas nias disana. Dan harganya pun masih relatif murah(Standar). Soal rasa tidak kalah sama dodol yang dijual di daerah lain.

2. Gimbi Khas Nias

Gimbi Oleh Oleh Khas Nias
Gimbi adalah salah satu tempat jual olel-oleh (makanan) tradisional khas nias. Gimbi menyediakan sajian makanan nias tempo dulu yaitu babi asap (bawi Ni'unagö). Dengan sentuhan teknologi medern, babi asap gimbi tentu saja berbeda dengan babi asap pada umumnya.

Hal itu karena proses pengolahan babi asap yang melalui pemotongan yang tipis 3mm-12mm dan rumah asap yang sesuai dengan standar dengan perhitunga sirkulasi asap, pengaturan suhu temperatur serta pengemasan secara vacum sealer. Dan yang paling penting adalah bahan baku produksinya asli babi tenak kampung, Karena babi ternak nias memiliki rasa yang berbeda dari babi pada umumnya.

Babi asap dianggap lebih nikmat untuk diolah menjadi lauk, selain babi bisa awet sampai sebulan, jadi sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh.

Lokasi : Jl. Yos Sudarso No. 139 Saombo
Contact / WA : 0813 7515 5636 - 0813 6008 2864

3. Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias
Buat anda suka mengoleksi barang yang antik dan unik. Museum pusaka nias bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin membeli cindermata khas nias. Museum pusaka nias menjual oleh-oleh khas nias berupa ornamen, patung, alat musik, dan duplikat barang antik peninggalan leluhur nias zaman dulu.

Selain membeli oleh-oleh anda juga bisa melihat semua koleksi barang antik leluhur nias zaman dulu.

Lokasi: JL. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Gunungsitoli.
Telepon: (0639) 22286

4. Go Nias Capsule Hostel & Galery

Go Nias Oleh Oleh Khas Nias
Nah kalau ingin memiliki atau membawa oleh-oleh kaos distro dengan motif ala pulau nias! Go Nias Capsule Hostel & Galery adalah tempatnya. Selain kaos, Go Nias Capsule Hostel & Galery juga menyediakan cinderamata lainnya seperti Buku, Dompet ala Bola Nafo, tikar, Kain dan Syal, miyak kelapa murni dan sabun vicoco yang semuanya adalah hasil kerajinan tangan masyarakat pulau nias.

Selain souvenir di tempat ini juga menjual oleh-oleh makanan khas nias seperti Dodol nias, kue pia , abon ikan dan aneka kue lainnya bisa dijadikan buah tangan.

Lokasi: Jl. Pelud Binaka No.219 Km. 7,8 Gunung Sitoli
Contact / WA : 0812 6027 4444

5. Oleh Oleh Khas Nias Nias Selatan

Oleh Oleh Khas Nias Nias Selatan
Bagi yang suka Ornamen, ukiran, patung, dan kerajinan tradisional khas nias selatan, anda bisa mengunjungi desa Bawomataluö. Karena sudah menjadi Ikon desa tradisional di Nias selatan maka tentu saja banyak seniman-seniman lokal yang membuat oleh-oleh atau souvenir khas nias Selatan.

Kerajinan tradisional yang mereka buat atau jual biasanya berupa patung kayu, ukiran ornamen, gantungan kunci, baluse, miniatur rumah adat dan benda-benda unik lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.