Contact Form

Name

Email *

Message *

May 5, 2018

Ini Dia Alasan Mengapa Orang Nias Suka Mengunyah Sirih

Mengunyah sirih adalah salah satu kebiasaan atau tradisi masyarakat Suku Nias.

Sirih pinang yang biasa dikunyah adalah terdiri dari campuran pinang, tembakau, kapur, gambir, dan daun sirih yang membungkus semua bahan tersebut, lalu dikunyah.
Ini Dia Alasan Mengapa Orang Nias Suka Mengunyah Sirih

Mengunyah sirih pinang memiliki nama yang berbeda pada setiap daerah. Ada yang bilang makan sirih, menginang (nginang), nyirih, nyusur, dan manafo untuk bahasa Nias.

Itu artinya kebiasaan mengunyah sirih pinang bukan hanya ada di nias tapi juga di beberapa daerah di Indonesia.

Namun di nias mengunyah sirih bukan hanya sekedar kebiasaan, tetapi juga dianggap sebagai bagian dari tradisi yang tak bisa di lepas dari adat istiadat.

Afo atau sirih pinang wajib ada ketika masyarakat Suku Nias mengadakan upacara adat seperti :
Pesta owasa



Tradisi manafo di nias masih sangat melekat dengan adat istiadat dan kebudayaan suku nias.

Sepertinya setiap acara atau upacara adat dinias tidak bisa terlaksana apabila tidak ada afo dan juga bolanafo (wadah sirih pinang) sebagai pelengkapnya.

Para pengunyah sirih percaya bahwa kebiasaan mengunyah sirih mampu memperkuat gigi dan gusi dan membuat relaksasi tersendiri bagi penikmat nya.

Tapi dari beberapa sumber artikel yang saya baca di internet, menyatakan bahwa mengunyah sirih lebih banyak memberikan dampak negatif daripada positifnya.

Tak percaya..!! cari aja di pencarian Google dengan kata kunci mengunyah sirih, pasti yang di bahas tentang manfaat dan dampak buruknya bagi kesehatan.

Mungkin karena tidak tahu dampaknya atau karena faktor adat istiadat, sehingga mengunyah sirih masih menjadi kebiasaan yang lazim bagi kehidupan masyarakat Suku sampai saat ini.

Di nias mengunyah sirih ibarat pengganti merokok karena sirih pinang dan bahan lainnya juga memiliki zat yang bisa membuat penikmatnya kecanduan.

Itulah sebabnya mengapa orang nias yang berada di perantauan masih tetap mengunyah sirih. Apalagi kalau didukung dengan tersedianya bahan untuk membuat sirih pinang atau afo.

Tapi kalau dibandingkan dengan merokok mengunyah sirih memang jauh lebih aman. Terutama untuk kesehatan kantong.

Itulah alasan mengapa orang nias banyak yang mengunyah sirih atau menjadi penikmat sirih pinang.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.