Contact Form

Name

Email *

Message *

Feb 24, 2018

Makna Tradisi Lompat Batu Nias

Lompat batu adalah salah satu pertunjukan atraksi budaya di pulau nias, keberadaan lompat batu nias sebagai tradisi kebudayaan di nias sudah lama berlangsung.

Tradisi lompat batu telah menjadi ikon pulau di nias, hal itu sudah terlihat dari gambar uang kertas pecahan seribu rupiah yang beredar di tahun 90an.

Lalu apakah sebenarnya makna dan latar belakang tradisi lompat batu nias
Berikut Jawaban nya.
Tradisi lompat batu di nias ternyata di mulai ketika ajaran agama kristen menginjakan kakinya di pulau nias, sekitar 1875-1930.

Tradisi lompat batu adalah hasil konversi dari sebuah ritual adat yang mengerikan di nias.

Dahulu pemuda nias yang telah menginjak usia dewasa diwajibkan untuk mengikuti tradisi atau ritual kuno yang mengerikan, namun karena misi agama Kristiani mulai menunjukkan pengaruhnya, tradisi itu pun dihilangkan dan di ganti dengan melompati sebuah susunan batu yang memiliki tinggi antara 2 sampai 2.5 meter.

Apabila ada pemuda yang berhasil melompati batu tersebut maka dia dinilai memiliki keberanian dan ketangkasan. Hal itu membuat dirinya dianggap sudah matang dan siap, baik itu untuk menikah atau menjadi prajurit untuk membela desanya.

Walaupun tradisi lompat batu sudah menjadi tradisi bagi masyarakat nias. Namun tidak semua pemuda di nias dapat melakukan lompat batu, meskipun telah berlatih selama bertahun-tahun, ada juga yang tidak mampu untuk menaklukan batu setinggi dua meter lebih tersebut.

Namun tidak jarang juga ada dari mereka yang tidak pernah latihan, tetapi dia sanggup melompati batu setinggi dua meter tersebut. Itu artinya lompat adalah suatu bakat yang miliki oleh orang tertentu. Mereka percaya bahwa faktor gen sangat menentukan hal tersebut. Apabila ayah atau kakeknya bisa melakukan lompat batu di masa mudanya maka bakat tersebut akan secara alamiah turun kepada keturunannya.   

Walaupun kegiatan lompat batu terlihat sangat extrim, dan bisa membuat mereka mengalami cedera yang fatal. Hal itu tidak membuat mereka gentar ataupun takut, mereka malah sangat senang untuk melakukannya.

Bagi para pemuda di nias kegiatan lompat batu adalah suatu ajang untuk unjuk keberanian, ketangkasan dan gengsi.

Pada masa sekarang ini kegiatan lompat batu di nias tidak lagi menjadi ritual yang wajib untuk para pemuda suku nias yang memasuki usia dewasa.
lompat batu nias

Pemuda di nias menjadikan Lompat batu sebagai media hiburan atau olahraga memacu adrenalin. Kegiatan antraksi lompat batu biasanya  diadakan pada event event besar seperti HUT RI, acara penyambutan tamu, dan upacara adat.

Lompat batu nias sekarang pun mulai di kreasikan seperti membuat lompatan yang indah bahkan ada yang melompat batu sambil memegang Baluse.

Lompat batu di Nias adalah salah satu Kebudayan Suku Nias yang masih eksis dan menjadi kebanggaan sekaligus simbol atau jati diri masyarakat Pulau Nias khususnya nias selatan.

Lompat batu nias juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke nias.

Demikianlah Makna Tradisi Lompat Batu Nias yang menjadi kebudayaan suku nias. Dengan adanya tradisi lompat batu di nias hal ini menambah kekayaan budaya nias sekaligus negeri kita tercinta Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.