Contact Form

Name

Email *

Message *

Dec 3, 2017

Senjata Tradisional Suku Nias

Senjata Tradisional adalah sebuah senjata kuno yang dimiliki oleh sejumlah daerah atau suku di Indonesia. Membahas tentang senjata Tradisional yang terlintas di benak Anda mungkin adalah bambu runcing, keris, tombak dan lain sebagainya. 

Walaupun keberadaan senjata Tradisional tidak lagi eksis pada zaman modern seperti saat ini, tetap saja kita tidak bisa melupakan begitu saja peran senjata Tradisional yang memiliki nilai sejarah dan makna yang tinggi bagi bangsa Indonesia atau suku tertentu.

Disini kita akan membahas tentang senjata Tradisional Suku Nias, dimana seperti yang kita ketahui bahwa suku memiliki sejarah perang yang sangat panjang, kebiasaan berperang suku nias membuat mereka mendapatkan julukan sebagai bangsa spartan dari Indonesia. Lantas apa saja peralatan perang atau senjata Tradisional khas suku nias.

Berikut nama nama senjata Tradisional atau peralatan perang suku nias zaman dulu.

1. Baluse

Baluse adalah perlengkapan utama seorang prajurit nias, Baluse merupakan Perisai atau pelindung yang dapat melindungi penggunanya dari serangan pedang dan tombak. Karena begitu populer nya Baluse bagi suku nias, Baluse pun kini dijadikan sarana atraksi budaya yaitu tari Baluse atau tari perang.

2. Pedang Tologu

Pedang Tologu adalah salah satu senjata tradisional nias. Pedang Tologu bukanlah sembarang pedang yang biasa kita ketahui, pedang Tologu di yakini memiliki kekuatan gaib yang dapat melindungi pemiliknya, kesaktian pedang Tologu berasal dari  rago atau semacam bola yang berada dekat gagang pedang nya. Rago itu biasanya terbuat dari kuku atau taring binatang buas seperti harimau, singa atau buaya yang di  bentuk menyerupai bola. Ada juga yang hanya menggunakan rotan. Rago atau bola yang berada dekat gagang pedang itu diyakini dapat menyalurkan kekuatan magis kepada si pemilik pedang.  Untuk menambah kesan keperkasaan, keberingasan, dan kekuatan pedang Tologu, pada bagian gagang atau tangkai pedang di beri ukiran yang berbentuk kepala monster.

3. Toho

Toho adalah senjata Tradisional nias yang berbentuk tombak. Dahulu Toho adalah senjata utama para prajurit nias atau pasangan sejati dari Baluse, sama seperti prajurit-prajurit perang yang ada di televisi. Pada masa sekarang toho masih menjadi senjata khas nias yang tetap digunakan untuk keperluan berburu atau melindungi diri ketika pergi ke hutan.

4. Gari si so rago

Gari adalah senjata Tradisional nias yang mirip dengan Golok atau pedang. Pedang Gari si so rago biasanya hanya di miliki keluarga bangsawan atau si Ulu. Pedang gari si so rago adalah lambang kebesaran atau telah dewasanya keturunan dari siulu sehingga dia berhak untuk memilikinya.

5. Tali baracu

Tali baracu adalah sebuah senjata Tradisional yang berbentuk cambuk. Cambuk tali baracu di yakini sangat mematikan karena telah dibaluri dengan racun binatang yang berbisa, seperti ular, kalajengking, atau semacamnya.

Demikian peralatan atau senjata tradisional dari pulau atau suku nias, Keberadaan senjata-senjata tradisional khas nias tersebut menambah kekayaan senjata tradisional asli indonesia yang mungkin belum banyak di ketahui orang.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.