Contact Form

Name

Email *

Message *

Sep 23, 2017

Alat Musik Tradisional Suku Nias

Kalau berbicara tentang alat musik tradisional yang menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia, tidak lengkap rasanya kalau tim Tanoniha.net tidak membahas tentang alat musik tradisional Sumatera Utara atau tepatnya khas suku nias.

Pulau nias yang terkenal dengan Pesona Wisata dan kebudayaan ternyata memiliki sejumlah alat musik tradisional yang unik dan mungkin tidak semua orang tahu.

Berikut daftar nama alat alat musik tradisional khas suku nias.

1. Aramba

gong

Aramba (gong) adalah jenis alat musik tradisional khas suku nias yang terbuat dari logam besi, atau Kuningan, sama seperti gong pada umumnya aramba juga di mainkan dengan cara dipukul dan mengeluarkan suara yang sangat keras. Alat musik aramba biasa di gunakan pada saat upacara adat, seperti upacara kematian siulu (raja), upacara owasa dan upacara adat lainnya.

2. Göndra

gendang
Göndra atau gendang dalam bahasa Indonesia adalah salah satu alat musik tradisional khas suku nias, tidak jauh berbeda dengan gendang pada umumnya göndra juga terbuat dari kulit sapi atau kerbau, suaranya juga sama.

3. Faritia

gong mini
Faritia adalah jenis alat musik yang mirip dengan talempong atau gamelan. Faritia bisa juga di sebut gong mini atau kecil bahan dan cara memainkannya sama seperti aramba.

4. Lagia

biola nias
Lagia adalah nama salah satu alat musik tradisional nias walaupun namanya sama dengan benda langit atau asteroid tapi bentuk atau pembuatan alat musik lagia tidak berhubungan dengan asteroid, alat musik lagia hampir sama dengan rebab atau biola bedanya lagia di mainkan dengan cara meletakkan nya diatas permukaan tanah atau apasaja lalu di mainkan dengan cara di gesek.

5. Nduri mbewe


gitar unik
Duri mbewe adalah alat musik nias yang sangat unik, alat musik yang berbentuk gitar perahu ini hanya memiliki satu senar. Jadi gitar satu senar ini hanya memiliki satu nada saja dan biasanya dipadukan dengan alat musik lainnya.

6. Doli-doli

kolintang
Doli-doli adalah alat musik tradisional yang mirip dengan alat musik kolintang yang berasal dari Sulawesi, hanya saja ukuran Doli-doli lebih kecil daripada ukuran kolintang.

7. Fondrahi

Fondahi adalah alat musik yang serupa dengan gendang kecil, dulu  Fondahi hanya di gunakan oleh ere atau para pemuka agama untuk melakukan ritual atau persembahan kepada dewa dewa. Sekarang fondahi digunakan sebagia salah kesenian musik khas suku nias.

8. Druri dana

Druri dana adalah alat musik tradisional yang unik berbentuk garpu tala.

Demikian alat musik tradisional khas suku nias, yang menambah kekayaan budaya atau kesenian di provinsi Sumatera Utara atau Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.