Contact Form

Name

Email *

Message *

Jul 15, 2017

Tari Tradisional Nias

Sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang tarian tradisional khas suku nias di adat istiadat dan kebudayaan nias.

Di artikel ini kita akan membahas lebih dalam tentang kesenian tari dari pulau nias. Hampir semua suku di Indonesia memiliki tarian daerah nya masing-masing seperti dari tanah Aceh terdapat tarian seudati, tari meusekat, dan tari lainnya, dari tanah batak terdapat tari tor-tor, dari padang terdapat tari piring dan tari payung, dan tari tarian lainnya dari berbagai daerah dan suku.

Itu adalah sebagian kecil dari kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Nah kalau di pulau nias yang sudah identik dengan kesenian dan kebudayaan tentu memiliki tarian daerah yang tidak kalah dengan tarian dari daerah lainnya.

Berikut nama nama tari daerah khas nias. 

  • Tari maena 

Tari Maena Tari Tradisional Nias
Nah ini tari yang paling populer di pulau nias, kalau tari daerah lain memiliki batas jumlah penari, tari maena ini tidak memiliki batas, semakin ramai semakin seru karena tari maena memiliki makna kebersamaan, kegembiraan dan kemeriahan.

Hampir semua orang dapat melakukan tarian maena karena tarian nya sangat simpel dan sederhana, kesulitan hanya lah dalam merangkai kata-kata pantun yang balas membalas sesuai  dengan event maena.

Tari maena biasa di lakukan atau dia adakan pada saat event penting seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari natal, acara gereja dan event penting lainnya. 

  • Tari Baluse atau tari fataele 

Tari Perang Tari Tradisional Nias
Tari Baluse atau tari fataele ini memiliki banyak nama tapi umumnya wisatawan menyebutnya dengan Tari Perang Nias.

Pertunjukan tari perang ini biasanya di pimpin oleh seorang komando yang memberikan aba-aba kepada semua penari untuk membentuk formasi berjajar sekitar empat sampai enam baris dan berhadapan dengan komando, gerakan tari pun di mulai dengan gerakan kaki maju mundur sambil di hentakan ketanah dan meneriakan kata-kata yang membangkitkan semangat.

Latar belakang dari tari perang ini adalah karena dahulu sering terjadi perang antar desa, untuk memperebutkan lahan atau kekuasaan, jadi sebelum berperang mereka melakukan tarian Baluse terlebih untuk membangkitkan semangat mereka. Karena tidak ada lagi perang di nias maka tari Baluse tersebut pun di jadikan kesenian oleh masyarakat nias.

Kalau anda ingin menyaksikan langsung tari perang nias tersebut anda harus mengunjungi desa bawömataluo karena di desa ini sering diadakan atraksi budaya, kesenian ini biasanya di lakukan pada saat event penting atau menyambut tamu penting atau bangsawan,  kalau lagi pas atraksi budaya ini pertunjukan anda akan sekalian melihat atraksi lompat batu dan pakaian tradisional nias yang di pakai oleh para penari dan peserta lompat batu. 

  • Tari moyo


Tari Moyo Tari Tradisional Nias
Tari moyo atau tari elang dalam bahasa Indonesia adalah tarian yang dilakukan oleh wanita atau para ibu-ibu di nias, tarian moyo memiliki gerakan yang lemah gemulai nan lincah bagaikan emang yang mengenakan sayapnya.

Tari moyo memiliki makna keuletan dan semangat dalam mewujudkan sesuatu yang di cita-cita kan. Tari moyo ini biasanya dilaksanakan sebelum atau sesudah acara atau perayaan hari-hari tertentu. Dan juga untuk menyambut tamu penting yang datang ke pulau nias.

  • Tari mogaele


Tari Mogaele Tari Tradisional Nias
Tarian tradisional khas nias cuma ada di desa Hilinawalo fau, tarian yang di mainkan oleh wanita ini memiliki makna indahnya dunia yang penuh dengan dengan perdamaian,  tarian ini memiliki arti yang berlawanan dengan tari perang. Tari ini juga biasanya di pertunjukan untuk menyambut tamu dan melaksanakan upacara adat.

  • Tari Ya'ahowu


Tari Ya'ahowu Tari Tradisional Nias
Ini dia tari terbaru hasil kreatifitas anak sekolah nias, tarian ini mereka sebut dengan tarian ya'ahowu. Tari ini merupakan tarian yang menunjukkan sisi kelemahlembutan perempuan Nias dan keperkasaan pria Nias dalam menjaga perempuan Nias.

Tari ini gabungan dari tari Baluse dan tari Moyo serta tari Maena yang menjadi tari kreasi. Mantap.. kreatif betul ternyata anak-anak sekolah dari pulau nias ini.

Cukup  unik kan tari tarian yang ada di nias ini,  masih ada lagi sebenarnya tarian tradisional khas nias. Tapi lima nama tarian yang di atas tersebut lah yang paling populer saat ini. 

2 comments:

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.