Contact Form

Name

Email *

Message *

Jul 12, 2017

Makanan khas Nias

Apabila anda adalah orang nias, dan seseorang bertanya kepada anda, apakah makanan tradisional khas nias, Kuliner apa saja yang bisa di nikmati di pulau nias.
Mungkin anda juga bingung untuk menjawabnya.

Padahal kalau di kaji lebih dalam, sebenarnya ada banyak kuliner tradisional khas nias, sayangnya tidak ada yang mau mengembangkan atau mempromosikan nya. Tidak lah lengkap rasanya kalau wisatawan yang berkunjung ke nias hanya bisa menikmati keindahan alam dan budaya pulau nias. wisata kuliner sebenarnya juga menjadi alasan wisatawan untuk kembali berkunjung ke objek wisata yang menyediakan kuliner khas yang unik dan enak.
Berikut informasi kuliner khas nias yang sebenarnya pantas untuk di kembangkan dan di promosikan.

1. Fakhe Nifalögu

Fakhe Nifalogu makanan khas nias
Fakhe nifalögu adalah nasi yang di masak menggunakan beras khas asli nias selatan, yang membuat nya unik adalah memasak nya itu menggunakan periuk tanah liat yang setengah lingkaran bola. Penyajian nya di telungkupkan diatas daun pisang, makanya di beri nama Fakhe nifalögu. Sejatinya fakhe nifalögu disajikan dengan lauk daging babi, atau anak babi. Fakhe nifalogu biasanya di jumpai pada acara acara tertentu,  misalnya pesta pernikahan,  upacara adat, menjamu tamu penting atau bangsawan dan upacara upacara adat lainnya.

2. Harinake

Harinake makanan khas nias
Harinake adalah makanan tradisional khas nias Utara yang resep nya dari daging babi cincang yang potong tipis dan kecil -  kecil. Hampir sama dengan fakhe nifalögu, Harinake juga biasa nya disajikan pada saat acara - acara tertentu.

3. Lahedalö nifange

Talas Rendang makanan khas nias
Lahedalö nifange atau daun talas yang di rendang adalah makanan tradisional khas nias. Lahedalö nifange biasanya dijadikan lauk yang dimakan bersama nasi atau sagu. Baru tau juga kalau resep masakan nias ada yang di rendang.

4. Gowi nifufu

Gowi Nifufu makanan khas nias
Gowi nifufu atau Gowi nitutu adalah masakan tradisional khas nias yang resep nya terbuat dari umbi-umbian, seperti ubi jalar, ubi kayu dan talas yang direbus kemudian ditumbuk dan di campur dengan parutan kelapa muda. Latar belakang makanan Gowi nifufu ini sebenarnya karena dahulu sangat susah untuk mendapatkan beras, dan ubi berlimpah, sehingga mereka menjadikan ubi sebagai bahan makanan pokok.

5. Babae

Babae makanan khas nias
Babae adalah makanan khas Nias Selatan terbuat dari kacang putih yang bahasa Nias nya harita fakhe,  proses pembuatan sebelum di masak sedikit rumit, proses masak dan resep nya sih cukup simpel kacang putih tersebut direbus kemudian ditumbuk dan di masak lagi campur santan dan telur, karena proses sebelum dimasak memakan waktu yang lama dan ribet, sehingga masyarakat di nias selatan jarang membuat babae, hanya pada bulan desember atau hari natal mereka membuatnya makanan ini,

6. Gowirio dan sagu nidulu

Gowirio sagu Nidulu makanan khas nias
Gowirio dan sagu nidulu adalah makanan atau masakan tradisional khas nias selatan. Mungkin sebagian orang tidak begitu suka atau malu mempromosikan Gowirio atau sagu nidulu. Padahal sagu nidulu makanan nias khas selatan ini menjadi salah satu kuliner di Papua, kalau di papua namanya papeda. Restoran ala Papua dengan menu papeda seperti sagu nidulu ada di Jakarta, dengan sedikit modifikasi dan kreatifitas mereka mampu mengembangkan dan mempromosikan nya. Nah kok kita ga bisa...???

7. Tamböyö

Ketupat Ketan makanan khas nias
Tamböyö adalah makanan tradisional khas nias yang berbentuk seperti ketupat pada umumnya yang membedakan hanya lah isinya, ketupat yang biasa kita jumpai menggunakan beras biasa sedangkan ketupat yang ada di nias ini terbuat dari beras ketan dan dimasak dalam santan kelapa. Kebayang kan pasti lebih enak dong rasanya, tapi makanan khas Nias sudah jarang buat atau di jumpai.

8. Köfö - Köfö

Köfö - Köfö adalah makanan khas Nias dari Kepulauan Hinako. Köfö - Köfö adalah daging ikan yang telah di buang durinya lalu di bentuk bulat kemudian dimasak dengan santan kelapa atau di goreng,  Köfö - Köfö biasanya di jadikan lauk.

9. Nami atau telur kepiting

Nah yang unik,  telur kepiting di goreng dan di jadikan lauk,  karena pulau nias di kelilingi laut, maka sumber makanan dari laut pun melimpah sampai telur kepiting pun bisa dijadikan lauk.

10. Hambae nititi

Hambae nititi adalah daging kepiting yang di masak dengan santan kelapa sampai kering. Masakan ini bisa kita jumpai di kepulauan Hinako.

Sebenarnya masih banyak lagi masakan atau makanan tradisional khas nias. Cukup sepuluh aja lah kita bahas dulu di sini, mudah mudahan bisa jadi referensi buat anda yang ingin membuat rumah makan khas nias.

Terima kasih. 

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.