Contact Form

Name

Email *

Message *

Jul 10, 2017

10 Tempat wisata di Pulau Nias

Kalau berbicara tentang tempat destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara, yang terlintas di pikiran pasti danau Toba.

Padahal destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara itu ada banyak, tapi sayangnya tidak terekspos semua, diantaranya adalah objek wisata yang ada di pulau nias.

pulau nias sebenarnya memiliki potensi wisata yang sangat baik, tapi karena kurangnya pemeliharaan dan promosi membuat potensi wisata di pulau nias tidak begitu banyak dikenal orang.

Maka dari itu tim tanonet akan memberikan sedikit info tentang destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke pulau nias.
Berikut 10 Pesona Wisata yang ada di pulau nias.

1. Pantai sorake



Nah ini dia salah satu pantai yang sangat indah dan terkenal sampai ke luar negeri, pantai yang terletak atau tidak jauh dari kota Teluk Dalam ini terkenal dengan ombaknya yang besar, sangat cocok untuk melakukan kegiatan berselancar atau surfing.

Setiap tahunnya diadakan perlombaan surfing atau nias open surfing yang pesertanya sebagian besar dari mancanegara.

2. Pantai lagundri

Selain pantai sorake pantai lagundri juga terkenal memiliki ombak yang besar, bahkan sempat di cap pantai lagundri ini adalah surga nya para peselancar atau surfing.

Pantai yang termasuk dalam 10 tempat berselancar terbaik ini memiliki ombak dengan gelombang 7-10 meter dengan lima tingkatan.

Setiap tahunnya atau tepat bulan juni atau bulan juli diadakan kejuaraan selancar nias open yang di ikuti peselancar kelas dunia.

Selain karena ombak nya yang memang sudah terkenal, pemandangan di pantai lagundri ini juga sangat lah indah dengan pasir putihnya yang sangat bersih serta pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

Buat Anda yang ingin berlibur di pantai lagundri sebaiknya bulan juni atau bulan juli karena pada bulan ini cuaca dan ombak pantai lagi bagus - bagusnya. Pantai lagundri berada tidak jauh pantai sorake.

3. Museum pusaka nias

Museum yang terletak di kota gunung sitoli ini menurut saya salah satu tempat yang wajib anda kunjungi.

Di museum pusaka nias kita bisa melihat sekitar 6500 koleksi benda bersejarah atau artefak masyarakat pulau nias dan setiap benda koleksi yang di pamerkan tersebut di lengkapi keterangan bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Di museum pusaka nias ini juga terdapat mini zoo atau kebun binatang mini yang memiliki koleksi fauna dan flora khas nias yang mulai langka,  seperti beo nias dan tanaman khas lainnya.

4. Desa Bawömataluo

Kalau anda ingin berpetualang dan ingin melihat bekas Megalitik dan kejayaan pulau nias masa lampau, desa bawömataluo sepertinya bisa jadi pilihan.

karena desa ini memiliki rumah adat nias yang masih utuh dan rumah Raja nias yang masih tersisa serta peninggalan Megalitik dan ornamen nias zaman dulu.

Di desa ini juga sering diadakan atraksi budaya seperti lompat batu dan tari perang. Anda juga bisa menginap di omo sebua atau rumah Raja tersebut.

Desa Bawömataluo ini terletak sekitar 8km dari kota Teluk Dalam.

5. Pantai laowomaru

Walaupun posisi pantai laowomaru sama dengan posisi pantai lagundri sorake, yang berbatasan langsung dengan samudera hindia, namun pantai laowomaru ini tidak memiliki ombak seperti pantai lagundri sorake.

Jadi anda bisa berenang dan belajar surfing dengan aman di pantai laowomaru ini. Pemandangan pantai laowomaru masih sangat alami dengan dikelilingi oleh pohon - pohon hijau yang rindang.

pantai laowomaru bisa menjadi pilihan yang tepat bila anda sedang membutuhkan tempat yang sejuk dan nyaman.

Pantai laowomaru terletak di kilometer 7 kota gunung sitoli.

6. Pantai gawu soyo atau pantai merah

Pantai yang berada di desa Ombolata, kecamatan afulu, kabupaten nias Utara ini memiliki Pesona berupa pasir merah darah yang sangat indah.

Ditambah lagi terdapat nya habitat penyu di pantai gawu soyo ini. Buat Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menyusuri pantai untuk melihat penyu pantai ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Pantai gawu soyo atau kadang juga di sebut pantai Pink ini memang begitu menawan .

Kalau anda berkunjung kesana, anda juga akan di tawari untuk menikmati perjalanan mengunjungi objek - objek wisata di pulau nias, seperti desa tumori dan Bawömataluo.

7. Pantai foa

Pantai foa adalah salah satu pantai yang sangat indah di pulau nias. Pantai dengan pasir putih yang sangat lembut ini memiliki panorama alam yang begitu indah sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dan mata anda.

Bila anda berkunjung dengan keluarga tempat ini bisa menjadi pilihan karena pantai yang masih asri dan sangat menyejukkan ini, anda beserta keluarga akan merasa nyaman dan tenang bagaikan berada di surga dunia.

8. Muara indah

Muara indah adalah salah satu objek wisata di pulau nias. Letaknya yang berada di Muara Sungai menciptakan suasana yang sangat eksotis dan menggoda.

Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan apalagi malam hari karena di malam hari anda dapat menikmati berbagai jenis makanan seafood hasil tangkapan dari laut seperti ikan kerapu, cumi-cumi, kepiting bakau dan berbagai jenis makanan laut lainnya.

Anda bisa makan sambil menikmati keindahan panorama alam. Selain itu di Muara indah ini juga sering mengadakan pagelaran seni dan budaya serta acara seremonial lainnya. Muara indah terletak di bagian utara kota gunung sitoli

9. Air terjun humogo

Air terjun yang terletak di desa onowaembo ini memiliki ketinggian 8 meter, lebar 4 meter dan bertingkat-tingkat ini menurut saya pantas untuk dikunjungi.

Buat anda yang ingin menikmati relaksasi dan terapi Alam air terjun humogo ini bisa menjadi pilihan. Banyak pengunjung yang datang ke air terjun humogo ini hanya untuk menikmati terapi alam.

10. Kepulauan Hinako

Pulau Hinako terdiri dari 8 buah pulau yang saling berdekatan dengan ciri khas dan keunikan tersendiri. Sehingga menjadi magnet daya tarik wisatawan.

Di pulau Hinako ini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving. Berbagai jenis terumbu karang, koral, ikan hias warna warni menjadi suguhan yang menawan di bawah laut Kepulauan Hinako Nias.

Selain itu Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing dengan ikan yang berukuran sangat menantang.

Demikianlah sedikit informasi tentang objek wisata pulau nias yang wajib anda kunjungi bila anda berlibur ke nias.

Masih terdapat banyak objek wisata yang di pulau yang tidak kalah dari kesepuluh pilihan diatas. tapi buat perkenalan silahkan kunjungi terlebih dahulu pilhan yang diatas 👆👌.
Terima kasih.


5 comments:

  1. MANTAP KALI.
    masukan: kalau bisa setiap tempat wisata ada gambarnya untuk referensi.

    ReplyDelete
  2. mantap min buat infonya, oh ya saran sedikit min kalau bisa di tambah lagi min foto-foto nya biar makin jelas infonya, btw thanks ya min

    ReplyDelete
  3. Min tolong info untuk akses ke nias dong!! Kalau bisa beserta budgetnya! Terimakasih

    ReplyDelete

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.