Contact Form

Name

Email *

Message *

Jun 27, 2017

Hilinawalo Fau

Desa Hilinawalö Fau

Desa Hilinawalo fau
Hilinawalö Fau adalah nama salah satu di pulau nias Tanö niha.
Berikut data dan infonya.
Kecamatan Fanayama
Kabupaten Nias Selatan
Provinsi Sumut
Negara Indonesia
Kodepos 22865

Desa Hilinawalö Fau merupakan salah satu desa adat tua dari beberapa desa yang ada di kecamatan Fanayama. Banyak hal unik yang terdapat desa hilinawalö fau seperti rumah adatnya, kesenian, budaya dan tarian khasnya.

Selain desa Bawömataluo yang memiliki nama yang tenar dan selalu menjadi tujuan wisata di nias, Desa Hilinawalö fau bisa menjadi pilihan destinasi wisata kedua, Hal itu sangat beralasan karena desa Hilinawalo fau masih kental dengan adat istiadat, kebudayaan,peninggalan megalitiknya serta pemandangan alam yang masih alami.

Desa yang berdekatan dengan desa Onohondro ini memang memiliki keunikan tersendiri diantaranya adalah masih terdapatnya Omo sebua (rumah raja) yang kian langka nias. Bentuk dari omo sebua hilinawalö fau memang tidak semegah dan sebesar dari tiga omo sebua lainnya yang di nias.

Yang membuatnya unik dan menarik adalah terdapatnya  batu megalithic hitam yang tingginya sekitar 6 meter di depan halamannya. Konon batu itu di angkat dari dalam laut yang sangat jauh. Dahulu halaman omo sebua desa Hilinawalö fau ini di gunakan sebagai tempat persidangan.

Dulu untuk mengadili orang yang bersalah, perlengkapan buat persidangan masih lengkap mulai dari batu yang di bentuk menjadi tempat duduk raja (Si ulu), batu tempat duduk masyarakat dan batu tempat eksekusi, apabila terjadi pelanggaran berat, tidak tanggung-tanggung hukuman yang di berikan dahulu adalah hukuman pancung.

Wow... ngeri kali. Tapi seiring dengan perkembangan zaman dan faktor masuknya agama di nias, tradisi yang di anggap tidak sesuai dengan aturan  dan ajaran agama perlahan-lahan hilang, bahkan tidak ada lagi sekarang.

Untuk masalah adat istiadat, kebudayaan serta kesenian, Desa Hilinawalö fau masih tetap mempertahankan adat istiadat dan kebudayaan serta kesenian yang unik dan bermakna. Salah satu kesenian yang cuma ada di hilinawalö fau adalah tari magaele.

Tari mogaele biasanya diadakan pada saat ada event penting atau penyambutan tamu istimewa. Tarian mogaele memiliki makna tentang keindahan dunia yang penuhi oleh perdamaian, "maklum, desa nias dulunya suka berperang". Tarian ini dilakukan oleh sekelompok wanita dan iringi musik khas Hilinawalö fau.

Demikan ulasan singkat tentang desa Hilinawalö Fau.
Salam tim tanonet, Ya'ahowu.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.