Contact Form

Name

Email *

Message *

Jun 15, 2017

Hiliamaetaniha

Desa Hiliamaetaniha

Hiliamaetaniha adalah nama salah satu desa di pulau nias atau tanoniha.
Berikut data dan Infonya.

Kecamatan Fanayama
Kabupaten Nias Selatan
Provinsi Sumut
Negara Indonesia
Kodepos 22865
Desa Hiliamaetaniha merupakan salah satu adat di kecamatan Fanayama. Desa yang berjarak sekitar 8km dari kota teluk dalam ini merupakan salah satu desa adat tertua di nias selatan. Desa Hiliamaetaniha yang dulunya bernama Desa Hilisondregeasi, didirikan oleh seorang tokoh adat yang bernama Taogö Gamauri

Namun setelah kematiannya terjadi perpecahan di antara masyarakat Hilisondregeasi, Sehingga desa Hilisondregeasi tepecah menjadi 3 desa yaitu Desa Botohilitanö, Desa Lagundri, Dan desa Hiliamaetaniha yang sekarang.

Si Ulu Desa Hiliamaetaniha sekarang Ama foluaha fau adalah keturunan keempat dari Taogö Gamauri. Masyarakat desa ini masih tetap mempertahankan Adat Istiadat dan kebudayaan desa mereka. Masyarakat desa Hiliamaetaniha juga memiliki jiwa sosial yang tinggi, hal ini terbukti dari banyaknya pendatang yang bisa hidup rukun dengan penduduk asli.

Keunikan yang bisa anda lihat ketika hendak berkunjung ke desa Hiliamaetaniha adalah Batu Besar yang berukiran kerang atau Gima. Dahulu sebelum masuknya agama di Nias batu itu di anggap keramat oleh masyarakat desa Hiliamaetaniha, mereka percaya apabila menginjak atau dengan sengaja mengotori batu itu maka akan terjadi bencana. Namun sekarang batu itu hanyalah sekedar batu biasa yang menghiasi desa Hiliamaetaniha.

Masyarakat desa Hiliamaetaniha juga masih tetap mempertahankan bentuk rumah mereka, Rumah adat tradisional nias masih banyak yang bisa kita jumpai di desa Hiliamaetaniha. Namun pada atap rumah, sebagian besar dari desa ini sudah tidak asli lagi, banyak yang menggunakan atap seng, tidak seperti yang asli yaitu menggunakan daun sagu yang anyam menjadi atap.

Demikian ulasan tentang desa Hiliametaniha, Salam Yaahowu.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.