Contact Form

Name

Email *

Message *

Jun 18, 2017

4 Rumah Raja Nias

Yukk.. mari kita intip 4 Rumah Raja nias (siulu) yang masih ada di pulau nias.
Omo Sebua atau rumah besar bila di artikan dalam bahasa Indonesia adalah rumah adat tradisional khas nias yang tempati oleh raja (siulu) nias terdahulu dalam sebuah banua atau desa.

Bentuk dari omo sebua sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumah adat tradisional nias pada umumnya yang membedakan hanyalah ukuran dan hiasan ornamen yang ada di dalam omo sebua.

Dahulu ada banyak Omo Sebua di pulau nias atau khususnya nias selatan, tapi sekarang yang masih tersisa hanya tinggal 4 buah omo sebua.

Yang lainnya sudah lenyap akibat kebakaran, rusak karena termakan usia atau karena di jual seperti Omo Sebua milik desa Hilimondregeraya.

Yukk mari kita lihat satu persatu yang masih tersisa :

Omo Sebua Desa Bawömataluo

Rumah Adat Desa Bawömataluo
Ini dia omo sebua paling megah di pulau nias, selain atraksi fahombo dan tari perang di nias, omo sebua Bawömataluo ini juga lah yang paling menjadi daya tarik wisatawan lokal dan luar negeri apabila berlibur ke nias.

Ketika melihat arsitektur rumah dan tatanan batu besar dengan ukiran ornamen di depan omo sebua tersebut membuat semua orang akan kagum pada kesan pertama ketika melihat nya. Pokoknya topcer dah arsitek nya dulu.

Kekurangannya hanyalah pada bagian atap yang telah di perbaharui, atap asli rumah adat tradisional nias adalah menggunakan daun sagu.

Mungkin karena faktor ribet dalam membuat atap daun sagu dan juga mudah terbakar, sehingga si Ulu di desa bawömataluo memperbarui bagian atap dengan menggunakan seng.

Omo Sebua Desa Hilinawalö Fau

Rumah Adat Desa Hilinawalö Fau
sumber foto by satya winnie
Nah omo sebua kedua berada di desa Hilinawalo Fau, walaupun pun tidak sebesar dan semegah omo sebua milik desa bawömataluo, omo sebua desa hilinawalö fau ini memiliki keunikan sendiri yaitu terdapat nya batu megalithic hitam yang tingginya sekitar 6 meter di depan halamannya.

Menurut masyarakat setempat, batu itu di datang kan dari tempat yang jauh di bawah laut. Halaman omo sebua hilinawalö fau ini dahulu di pakai untuk tempat persidangan untuk menghukum orang yang bersalah.

 Dulu ada juga batu karang besar yang di ukir untuk tempat duduk raja, terdapat juga batu tempat eksekusi orang bersalah dengan cara di penggal, wihh.. Serem juga ya dulu.

Omo Sebua Desa Hilinawalö Mazinö

Rumah Adat Desa Hilinawalö Mazinö
Lanjut ke omo sebua selanjutnya yang ada di desa Hilinawalo mazino. Omo sebua desa Hilinawalö mazinö ini menurut saya paling keren dan unik, soalnya omo sebua di desa Hilinawalö mazinö ini posisi nya tepat berada ditengah tengah desa dan tidak di himpit oleh rumah adat masyarakat lainnya.

Ditambah lagi di bagian atap, bagian atap omo sebua di desa hilinawalö mazinö ini masih asli, terbuat dari daun sagu. Sehingga membuat nya berbeda dari 3 omo sebua lainnya, tapi sangat disayangkan omo sebua di desa Hilinawalö Mazinö ini tidak begitu terekspos.

Mungkin karena medan jalan menuju desa Hilinawalö Mazinö ini sangat sulit, di tambah lagi kurang nya perawatan dari omo sebua tersebut.

Omo sebua desa Onohondrö

Rumah Adat desa Onohondrö
kondisi omo sebua desa onohodro sumber by fotografer
Nah ini omo sebua terakhir yang ada di pulau nias dan sebentar lagi omo sebua dari desa Onohondrö ini sepertinya pun akan lenyap, karena omo sebua di desa Onohondrö ini tidak di urus lagi oleh pemiliknya yang pergi merantau.

Sungguh sangat disayangkan, padahal omo sebua di nias tinggal ada empat, kalau omo sebua dari desa Onohondrö ini juga punah, tinggal tiga donk nantinya.

Itulah keempat rumah raja atau omo sebua yang ada di pulau nias, inilah salah satu bukti kejayaan nenek moyang nias dulu.

Sungguh sangat disayangkan sekali kalau kalau keempat omo sebua di pulau nias ini nantinya punah dan tidak bisa di lihat lagi oleh anak cucu kita kelak.

Yahh mudah mudahan keempat omo sebua yang ada di pulau nias tersebut mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat. Sebab omo sebua tersebut adalah salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.