Contact Form

Name

Email *

Message *

May 21, 2017

Asal Usul Suku Nias

Asal Usul Suku Nias

Suku nias adalah salah satu suku dari sekian banyaknya suku di Indonesia dan mereka bermukim di pulau nias.

Ditengah keragaman budaya dan suku di Indonesia, suku nias memiliki keunikan tersendiri, mulai dari tradisi, budaya, bentuk fisik, sistem kekerabatan dan sejumlah keunikan lainnya.

Kalau dilihat dari wajah, adat istiadat, dan kebudayaan memang sangat jauh berbeda dengan suku atau ras yang ada di Indonesia.

Hal itulah yang membuat saya bertanya-tanya dari manakah asal usul nenek moyang, dan budaya suku nias sebenarnya.

Saya sering mencari informasi di internet dengan kata kunci "asal usul suku nias". Namun saya tidak menemukan jawaban yang pas atau sesuai dengan yang saya harapkan.

Bahkan ada satu rekomendasi pencarian google yang membuat saya sedikit tersinggung. Coba lihat gambar dibawah.
Pencarian Asal Usul Suku Nias
Namun setelah saya mengunjungi beberapa artikel dari hasil pencarian tersebut ternyata bukan juga menyinggung asal usul suku sesuai dengan pencarian tersebut.

Oleh karena itu tanoniha.net kembali  mengupdate artikel tentang asal usul suku nias, berdasarkan data terbaru yang di himpun oleh tim tanoniha.net dari beberapa sumber buku dan artikel yang saya baca.

Berikut asal suku nias update 5 juni 2018.   

1. Suku nias berasal dari Manusia langit

Menurut Sumber yang saya kutip dari Novel Manusia langit karya J.A Sonjaya  menyebutkan bahwa penguasa alam semesta adalah Lowalangi dan Penyebutan Lowalani sebagai leluhur juga tidak boleh sembarangan dilakukan oleh masyarakat khususnya desa Banuaha.

Masyarakat Banuaha sangat menghormati Lowalani sebagai leluhurnya sehingga ketika menyebut Namanya, diharuskan terlebih dahulu untuk membaca doa dan memotong seekor hewan untuk dikorbankan.

Menurut masyarakat Banuaha, leluhur mereka dulu turun dari langit, dari tete holi ana’a, dari negeri di atas awan. Makanya mereka adalah manusia langit yang sedang menjalani hidup susah di bumi.

Disini mereka harus berbuat baik, mengikuti aturan, agar bisa kembali ke langit sebagai orang suci.

Tapi kampung itu tidak bisa mewakili Nias secara keseluruhan sebab di bagian Nias lain sudah sangat maju dan banyak yang memeluk Kristen dengan sangat taat.

2. Leluhur orang nias Ono Mbela

Menurut mitos yang beredar onombela adalah leluhur masyarakat nias. Ada yang mengatakan onombela bukan manusia melainkan makhluk gaib yang menguasai segala macam binatang dihutan.

Ciri-ciri fisik  onombela berambut putih, berkulit putih, berparas cantik, dan bermata biru seperti orang Eropa. Tapi ini hanyalah sebuah mitos belaka dan belum ada artefak-artefak yang menjelaskan bahwa makhluk ini pernah hidup dipulau  nias.

Walaupun sebenarnya jejak tersebut bisa saja hilang karena proses alam dan aktifitas manusia seperti  pembakaran hutan dan perladangan yang intensif.

Tapi saya rasa Ini hanyalah mitos.

3. Nenek moyang orang nias Nadaoya

Nadaoya dianggap sebagai makhluk yang. telah hidup semasa dengan onombela hal ini didukung oleh mitos yang berkembang dimasyarakat bahwa onombela dan Nadaoya adalah sama-sama keturunan ibu sirici.

Ciri fisiknya Nadaoya adalah berkulit gelap dan memiliki kepala yang besar mereka diduga adalah manusia purba dari ras austromelanesid yang hidup dilembah-lembah yang dalam dan gelap atau digua-gua seperti manusia purba pada umumnya.

Namun demikian, legenda ini adalah sejarah lokal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya..

4. Asal Usul Suku Nias berasal dari Cina

Menurut penjelasan teori yang di ungkapkan Sonjaya dan Hammerle, leluhur orang nias atau ononiha berasal dari daratan cina bagian selatan, tepatnya wilayah yunan. Hal ini terbukti kalau dilihat linguistik dan arkeologi.

Keterampilan orang Nias dalam membuat patung kayu, menhir, benda-benda megalitik lain, serta teknik bertani dan beternak, diwarisi oleh orang-orang Yunan yang datang ke pulau ini. Hipotesis ini bertambah kuat jika melihat peralatan dan gaya arsitektur di Nias.

Pengaruh itu berupa motif kepala naga (hewan yang melegenda di Cina) yang terdapat pada pegangan atau gagang pedang, bagian depan rumah bangsawan, peti mayat, dan sejumlah megalit di daerah Lahusa dan Gomo.

Jika dihubungkan dengan salah satu rumors yang berkembang di Nias, khususnya diKecamatan Gomo, hipotesis ini bertambah kuat. Kata gomo memiliki makna owo–gomo–omo yang berarti perahu –gomo– rumah. Owo merujuk pada alat transportasi yang digunakan oleh orang-orang Yunan waktu itu, yaitu perahu.



Gomo merujuk pada wilayah yang dihuni, yaitu di daerah Gomo. Sedangkan omo merujuk pada rumah yang dibangun di sekitar pinggiran Sungai Gomo.


Dilihat dari ciri-ciri fisik orang Nias saat ini, yaitu berkulit putih, bermata agak sipit, bertubuh gempal dan pendek, pendapat yang mengatakan bahwa leluhur orang Nias berasal dari Yunan sangat beralasan, karena pada umumnya orang-orang Cina juga memiliki ciri-ciri fisik yang sama.

5. DNA Suku Nias mirip dengan DNA orang Taiwan dan Filipina

Tapi penelitian genetika terbaru menemukan bahwa masyarakat nias berasal dari rumpun bangsa Austronesia. Penelitian dilakukan selama 10 tahun untuk mencari kecocokan DNA orang Nias dengan DNA orang-orang dari beberapa daerah lainnya.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan kalau DNA suku nias sangat mirip dengan masyarakat Taiwan dan Filipina.

6. Budaya Suku Nias mirip dengan Budaya Vietnam

Beberapa penelitian arkeologi menjelaskan bahwa adanya indikasi Pulau Nias sudah dihuni sejak 30.000 tahun yang lalu.

Pada masa itu hanya budaya Hoabinh Vietnam yang sama dengan budaya yang ada di Pulau Nias, sehingga diduga kalau asal usul suku Nias berasal dari daratan Asia di sebuah daerah yang kini menjadi negara yang disebut Vietnam.

.
Dari keenam teori yang di jelaskan diatas manakah menurut anda leluhur orang nias yang sebenarnya?

1 comment:

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.