Contact Form

Name

Email *

Message *

Feb 23, 2017

Hilinawalo Mazino

Desa Hilinawalö Mazinö

rumah raja nias
Hilinawalö Mazinö adalah nama salah satu desa di pulau nias atau tano niha.
Berikut data dan info nya.
Kecamatan Mazinö
Kabupaten Nias Selatan
Provinsi Sumut
Negara Indonesia
Kodepos 22865
Desa Hilinawalö Mazinö adalah salah satu desa adat di Kecamatan Mazinö. Untuk menuju desa Hilinawalö mazinö anda akan melewati kecamatan lahusa sebelum ke kota teluk dalam, apabila anda berangkat dari gunung sitoli. ketika melewati kecamatan lahusa akan ada simpang 3 yang di beri nama simpang auge, dari situlah rute untuk menuju ke desa Hilinawaö mazino, setelah belok dari simpang auge anda akan terlebih dahulu melewati desa Bawölahusa, dan desa Hilizalootanö, Bagi anda yang pertama kali berkunjung ke desa hilinawalö mazinö, adrenalin anda akan terpacu karena kondisi jalan yang sangat extrem.

Desa Hilinawalö mazinö memiliki 1 dari 4 omo sebua yang ada di nias selatan. Omo sebua atau rumah siulu (raja) di desa Hilinawalö Mazinö ini terkesan paling keren. Kenapa dibilang keren..?? Karena posisinya tuh tepat berada di ujung tengah tengah desa. Hal ini sedikit menjadikannya berbeda dengan omo sebua yang ada di desa lain, dimana omo sebua yang ada di desa lain posisi nya sederet dengan rumah warga lainnya. Sangatlah pantas kalau Omo sebua di desa Hilinawalö Mazinö ini terdaftar sebagai situs warisan budaya dunia heritage.

Desa ini juga sangat indah jika kita melihat dari depan omo sebua akan terlihat halaman desa yang cukup lebar dengan beralaskan tatanan batu yang tersusun rapi, terlihat juga sepasang batu besar yang mengapit jalan, batu itu yang di sebut atau di namai daro-daro atau tempat duduk dalam bahasa indonesia, kesan megalitik yang masih ada sampai sekarang. Tak ketinggalan di sebelah kanan ada juga susunan batu dengan ketinggian sekitar 2.5 meter, yang menjadi tempat fahombo atau lompat batu.

Berikut marga yang terdapat di hilinawalo mazino.
Buulolo (si Ulu)
Harefa
Halawa
Hulu
Laia
Baca semua marga yang ada di nias

Berikut mata pencarian yang ada di Hilinawalo mazino.
Bertani
Hampir semua masyarakat di hilinawalo mazino menggantungkan diri dari hasil pertanian mulai dari Bertani padi. Coklat, karet, kelapa, daun umbi untuk pakan babi dan lainnya. Tapi tidak tahu  kenapa komoditi hasil pertanian di desa hilinawalo mazino semakin lama semakin menurun, baik hasil padi coklat atau pun karet. Hal ini yang masih menjadi pertanyaan besar apakah mungkin kesuburan di nias semakin lama semakin menurun atau cara bercocok tanamnya yang salah
Berburu
Dahulu berburu adalah kegiatan paling tren atau paling di sukai oleh orang tua bahkan anak muda di desa ini. karena kegiatan berburu adalah semacam kegiatan perlombaan atau unjuk gigi. Tapi untuk saat ini kegiatan berburu sepertinya sudah jarang di lakukan, karena semakin langkanya fauna yang hendak di buru.
Beternak
Nah kalau untuk beternak, wajib di lakukan semua warga di desa ini bahkan untuk semua desa yang ada nias, khususnya beternak babi. karena selain untuk hasil pendapatan, ketersediaan Babi juga sangat di perlukan dalam setiap pelaksanaan adat.

Mengingat minimnya mata pencarian di nias atau khususnya desa ini,  sebagian besar warga desa ini pergi merantau ke medan atau pete (perkebunan sawit).

Kira kira begitu lah informasi tentang desa Hilinawalö mazinö.
Salam tim tanonet 

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.