Contact Form

Name

Email *

Message *

Feb 3, 2017

Bawomataluo

Desa Bawömataluo

Desa Bawömataluo
Bawömataluo adalah nama salah satu desa di pulau nias atau tano niha. Berikut data dan info lengkapnya.
Kecamatan Fanayama
Kabupaten Nias Selatan
Provinsi Sumut
Negara Indonesia
Kodepos 22865

Bawömataluo adalah bahasa Nias yang berarti bukit matahari. Dari namanya sudah menandakan bahwa desa ini posisi nya berada diatas bukit dengan perkiraan 270 meter di atas permukaan laut.

Bawömataluo juga salah satu Icon desa adat di pulau nias. Terlihat dari bentuk rumah tradisional yang masih terjaga dari masa leluhur sampai sekarang, walaupun pun sudah ada pembaruan sedikit di bagian atap rumah.

Hal pertama yang anda jumpai ketika berkunjung ke bawömataluo adalah sebuah tangga yang tersusun oleh bebatuan yang tertata dengan rapi,dengan jumlah sekitar 77 anak tangga dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Mungkin akan terlihat sangat melelahkan untuk mendaki nya.

Tapi tenang aja, lelah anda akan hilang ketika mencapai gerbang desa, anda akan melihat pemandangan desa dengan rumah adat di sebelah kanan dan kiri berbaris tersusun rapi, dan anda juga akan melihat sebuah halaman desa yang lebar beralas batu yang tersusun rapi, tidak luput juga dari pandangan terlihat susunan batu setinggi 2.15 meter yang menjadi tempat untuk fahombo atau lompat batu.

Semakin jauh anda berjalan menyusuri desa tersebut, anda akan menjumpai sebuah rumah adat yang paling besar dengan atap yang menjulang tinggi. Rumah itu lha yang di sebut omo sebua atau rumah besar bila diartikan dalam bahasa indonesia.

Dari 4 Omo sebua yang ada di nias selatan, Omo sebua yang dimiliki desa Bawömataluo yang terlihat sangat megah dan menjadi daya tarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Anda juga akan heran sekaligus kagum dengan batu besar yang ada di depan omo sebua tersebut, batu yang begitu besar dengan hiasan ukiran, pastinya membuat anda bertanya bagaimana cara mencari, mengangkat, dan membentuk batu itu?. Omo sebua adalah rumah raja atau si Ulu di desa tersebut. Rumah itu akan terus diwariskan kepada anak cucunya sebagai penerus atau si Ulu di kampung tersebut.

Pemandangan terindah di desa ini adalah ketika sore hari atau ketika matahari terbenam, kita akan melihat matahari sejajar dengan kita, membuat cahaya yang begitu indah ketika matahari akan terbenam, sepertinya dari hal itu lah nama desa ini terinsiparasi.  Desa bawömataluo ini adalah cerminan kejayaan nenek moyang masyarakat nias yang masih terjaga sampai sekarang.

Jadi tidaklah heran kalau desa ini telah terdaftar di world Heritage di unesco sejak 2009 sebagai warisan budaya dari Indonesia.

salam hangat Tim tanonet.

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang keras memberikan komentar yang tidak sesuai dengan Topik atau berbau isu sara, Pornografi, Judi, dan menyertakan link yang tidak terkait dengan artikel, Terimakasih.